Jumat, 26 Mei 2017

CITA CITA


Besok kalau gede aku mau jadi dokter
Aku mau jadi pilot
Aku guru
Aku polisi
Whatever anonym said “Life is more interesting when we believe that dream will come true”

Kurang lebih begitu obrolan gue sekitar 17 tahun lalu pas gue masih TK. Time flies dan sekarang gue udah 17 tahun, eh enggak deng, maksudnya gue udah cukup dewasa buat merealisasikan apa yang dulu gue cita citakan. Mungkin bagi banyak orang cita cita punya banyak definisi, tapi bagi gue cita cita itu sama kayak pekerjaan atau hal yang bakal gue lakuin pas gue udah gede. Sebagai orang labil, dari kecil sampai sekarang gue gak pernah konsisten dengan cita cita gue. Hari ini pengen ini hari besok pengen itu. Iya gue selabil itu.

Pertama kali gue  denger kata cita cita yaitu pas gue masuk SD kelas 1, waktu itu guru gue nyuruh murid murid buat nulis nama, umur dan cita cita. Pas SD jika di tanya cita cita gue dengan mantap akan jawab Guru, kenapa guru? Simple karena itu satu satunya pekerjaan keren yang gue tau wkwk. Yaa maklum aja berhubung dulu tinggal di desa pekerjaan yang gue tau ya cuma petani, buruh pabrik, tukang bangunan, dan ibu ibu ngrumpi (eh maap ini bukan pekerjaan deng). Pekerjaan keren yang gue tau yaa paling guru karena tiap hari gue ke sekolah, dokter  yaa karena kalau gue sakit gue bakalan ke puskesmas atau rumah sakit, trus polisi yang sering gue lihat di deket lampu merah, sama pilot soalnya sering liat pesawat dan suka dada dada lambai tangan ke langit (padahal itu pilot liat gue juga enggak). Pikiran gue dulu  masih sepolos itu.

Masuk SMP pikiran gue  sedikit kebuka. Waktu itu gue udah mulai suka dengerin lagu baik lagu Jawa, Indonesia, Inggris, Korea sampai India. Gue sama kakak gue suka beli kaset, yang waktu itu lagi jamannya Tape  sama Walkman. Gue suka ngliatin sampul kaset plus foto foto di dalamnya sekaligus liriknya. Gak cuma lagu, gue juga udah mulai suka film dan suka beli (lebih sering sih minjem) majalah yang isinya nulis tentang informasi kesukaan gue. Liat gambar gambar di kaset sama warna warni majalah gue kemudian ngubah cita cita gue jadi “Orang yang bikin majalah atau bikin sampul” entah apa itu sebutannya gue dulu gak tau.

Gak cuma itu sih, sebenernya jaman SMP tuh jaman gue tengil tengil nya. Jaman gue bawel dan banyak omong, jaman dimana gue lagi pengen banget tahu tentang banyak hal. Sering banget gue nanya hal yang penting sampai gak penting banget ke keluarga gue, sampai mereka bilang “udah entar kamu jadi wartawan aja kalau enggak orang yang sering ngomong di tv itu”. Tapi kemudian gue sadar akan kenyataan bahwa muka gue gak berbanding lurus dengan suruhan keluarga gue (wkwks).

Masuk SMA gue memutuskan buat masuk SMK, berbekal cita cita gue sebelumnya jadi orang yang bikin majalah dan bikin desain, gue ngambil jurusan Multimedia yang memang  berhubungan dengan bidang ini. Gue menikmati hari hari gue di jurusan itu, karena memang dari awal gue udah suka sama jurusannya. Tapi satu hal yang bikin gue berat di jurusan itu adalah gue gak bisa gambar haha, as you know kalau lu masuk desain lu harus bisa gambar tangan, sedangkan gue cuma bisa gambar di komputer dan gambar tangan gue yaaa harap maklum deh. Lulus dari SMK gue gak langsung lanjut kuliah, soalnya waktu itu kondisi keluarga gue gak memungkinkan buat support gue kuliah (pukpuk). Akhirnya gue terombang ambing (bagaikan ombak yang tersapu angin jiaah) buat nyari kerjaan  apa yang cocok buat gue.

Well akhirnya waktu itu gue mutusin  buat pindah ke Jakarta dan cari kerja disini. Pertama gue kerja jadi kayak customer care gitu, nyalurin cita cita emak gue pas SMP jadi tukang ngomong, tapi ngomongnya di depan orang mromosiin barang haha. Intinya gue berhasil nyalurin salah satu cita cita gue dulu lah ya. Tapi itu gak bertahan lama, soalnya capek coy ngomong mulu. Kemudian gue pernah berharap buat kerja kantoran, yah ngapain kek yang penting kerja di kantor ngetik depan komputer (wkwk). Eh bener aja gak lama gue bisa masuk kantor jadi admin. Disitu gue lumayan menikmati karena emang gue suka kerja di depan komputer. Tapi lama kelamaan gue kayak ngrasa kerja di depan komputer itu sebatas comfort zone gue, gue nglakuin kerjaan itu ya cuma biar gue bertahan hidup tanpa gue ngerasain passion atau semangat lain di diri gue. Kebetulan waktu itu gue udah kuliah juga jurusan bahasa Inggris.

Waktu itu gue mikir gue ngambil bahasa Inggris biar gue bisa kerja di perusahaan yang lebih gede yang pakai bahasa Inggris setiap hari, keren aja keliatannya. Tapi ya balik lagi kayaknya dikantor itu bukan passion gue. Berhubung gue ngambil jurusan pendidikan yang disitu banyak mata kuliah yang ngebahas tentang cara cara mengajar dan berhubung gue orangnya kepo, gue jadi mikir buat ngajar dan mraktekin ilmu gue langsung. Kira kira bagus gak ya metode mengajar kayak gitu, kira kira efektif gak ya diterapin, kira kira muridnya gimana ya.

Kalau kata orang cinta pertama itu paling berkesan kayaknya kurang lebih itu berlaku pada gue. Gue pun balik lagi ke cita cita pertama gue, gue pengen jadi guru lagi. Berbekal passion tadi akhirnya gue nekat ngelamar jadi guru, gak muluk muluk gue nyoba dari pendidikan termuda dulu, jadi guru TK. Pun gue gak berharap banyak dari lamaran gue ini, toh gue masih buta banget tentang mengajar, gue cuma tahu sebatas teori. Tapi ya emang kalau udah rejeki gak bakal kemana. Iam being a kindergarten teacher now :D

Di perkerjaan ini gue kayak nemuin passion baru dan ngerasa excited dalam banyak hal. Excited buat ketemu anak anak yang bakal jadi generasi masa depan, excited belajar hal hal baru, baik materi atau emosi anak anak tadi yang gak bisa ditebak dan kadang beda sama teori teori yang gue pelajarin. Excited karena gue bisa praktek langsung bahasa Inggris gue. Excited sekaligus terharu pas lihat anak anak tadi bisa ngelakuian hal hal yang sebelumnya belum bisa mereka lakuin atas bimbingan gue dan guru guru yang lain. And I never felt this feeling before.

Well apapun cita cita gue tadi, gue percaya satu hal. Lakuin apa yang mau lu lakuin. Karena mungkin itu yang akan membawa kita ke cita cita kita. Dari dulu sampai sekarang gue cuma ngikutin passion dan keinginan gue. Gue juga gak tau apakah cita cita gue ini akan berubah lagi atau gak nantinya, yang gue tau gue cuma bisa ngelakuin yang terbaik di setiap pekerjaan gue. Lebih dari itu gue cuma bisa berharap apapun pekerjaan gue  dulu, sekarang atau pun nanti semoga selalu bisa ngasih manfaat gak cuma buat gue tapi buat orang lain dan mendatangkan pahala.


Last but not least, C.S lewis said “ You are never too old to set another goal or to dream a new dream”.

So apa cita cita kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar