Sabtu, 10 Juni 2017

ALBUM GD 2017 : "KWON JI YONG"


Source
Jidiiiiiiiii,  Well akhirnya album ini release juga! Mungkin gue salah satu yang nunggu nunggu album ini, honestly I am not so VIP or GD’s stand, but I love his music. Kalau ada yang tanya, kok lu jadi suka GD sih si? Gampang, because he is genius. As we know semua lagu dalam album ini adalah ciptaan GD sendiri, termasuk lirik dan aransemen musiknya. Kadang – kadang liriknya sedikit frontal, tapi itu mungkin kayak unspoken word dari banyak orang. Dia juga multitalented, gak cuma bisa ngerap tapi juga bisa nyanyi, dan kalau ngedance keliatannya asik banget. Kalau di KFC bisa disebut paket Combo alias paket lengkap kali ya.


Terlepas dari kehidupan pribadinya yang kontroversial dan mencintai kebebasan atau bisa dibilang lebih western style. Namun nyatanya dia berhasil menunjukan sikap bodoh amatnya dan terus berkarya dan malah tambah kaya. Well whatever once again I don’t really into his personal life but I love his music. Duh maap bahasnya jadi kemana mana.

Balik ke album GD, album ini merupakan album solo ketiganya setelah tahun 2013 lalu merilis album Coup DE’tat. Fyi, album ini disebut sebagai album terakhirnya sebelum mendaftar wajib militer 2018 mendatang *so sad*. Kenapa di beri judul “Kwon Ji Yong” sesuai nama aslinya? Dikutip dari antaranews.com  jika melihat liriknya, lagu lagu dalam album ini berisi tentang pengalaman dan sisi personalnya. Yang unik peluncuran album ini bukan dalam bentuk kepingan CD, GD membuat gebrakan baru dengan menjual albumnya dalam bentuk USB yang dimasukan dalam paket album.

Source


Terdapat 5 track lagu di dalamnya, 5 lagu itu diantaranya :

1. MIDDLE FINGER UP

Dibuka dengan lagu berirama sedikit beat “Middle fingers up”, yepp seperti judulnya lagu ini mempunyai lirik dewasa. Seperti yang gue bilang tadi, sometimes GD shows his western style. Dibuka dengan kata “Peace minus one, middle finger up” lagu ini kurang lebih menceritakan tentang perjalanannya di negara lain dan bertemu dengan bunch of cute girls then want to get fun with them. Lucunya dari lagu ini setelah sekian lama gue baru tau arti dari “Peace minus one” yang menjadi brand GD, baik brand pakaiannya, brand pameran seni sampai ID instagramnya. Jadi peace minus one ini adalah Peace sign (jari telunjuk dan jari tengah) minus one (dikurangi jari telunjuk yang ditekuk) maka jadilah middle finger up. Hahaha. Gak ngerti lagi ini biar apa bang.

2. BULLSHIT

Sebenarnya track kedua Bullshit ini disebut sebut sebagai single utama dari album ini. Namun karena teman satu grupnya, TOP Big Bang sedang terjerat kasus Narkoba, dikabarkan GD mengganti single albumnya karena ditakutkan memicu kontroversi dengan lirik frontal dalam lagu ini. Lagu ini didominasi dengan rap, yang menganalogikan bahwa dia adalah “dog” yang apa adanya, asli, unik dan limited edition. Kadang orang lain menganggapnya menakutkan dan liar, tapi dia punya sisi lain yang buas dalam berkarya atau mengasilkan sesuatu. Kurang lebih seperti 2 kepribadian dan 2 sudut pandang. Ya GD mah bebasss.

3. SUPER STAR

Dari semua track lagu, lagu ini bisa dibilang lagu yang paling mewakili GD. Menceritakan tentang kehidupan seorang bintang besar, yang punya segalanya: uang, mobil mewah, rumah besar, keliling dunia, mebuat lagu lagu hits dan berhasil mencapai hal yang dulu dia impikan. Namun hatinya masih kosong dan dia sering merasa kesepian. Dia butuh seseorang yang ada untuk dia. Lagu ini dikemas dengan nuansa beat dan music elektrik. *Merana banget bang, padahal mah banyak yang ngantri* Entah perasaan gue aja atau gimana, sekilas beat nada dalam lagu ini mirip dengan Good Boy nya GD x Taeyang. But both of it are awesome.

4. Untitled, 2014



This is my favorite sooongggg!!! Dan lagu ini lagu yang paling berbeda diantara 4 lagu lainnya. Mengusung nuansa ballad dengan iringan suara piano yang kental dan lirik lagu yang sedih. Dikemas dengan suara GD benar benar “bernyanyi”, tidak ada rap ataupun sentuhan music electric. Kita akan mendengar suara asli Ji Yong yang menurut gue keren untuk ukuran orang yang biasa ngerap. Kabarnya menyusul digantinya single utama dari Bullshit ke Untitled ini, pembuatan video music ini terbilang sangat singkat yaitu hanya memakan waktu 2 jam dengan teknik One Shoot. Awalnya sutradara akan mengambil setting beberapa tempat yang berbeda dan artistik, namun GD sendiri meminta untuk mengubah setting menjadi sangat sederhana dan lebih menonjolkan irama dan arti lagu yang sedih.

Lagu ini bercerita tentang seorang laki laki yang baru putus cinta dan sangat menyesal ingin kembali lagi dengan mantannya yang masih sangat dia cintai kemudian rela melakukan cara apapun. Fyi, lagu ini diciptakan GD pada tahun 2014 sesuai judul lagunya, namun gagal di release waktu itu karena belum selesai, dan baru keluar sekarang. Disebut sebut lagu ini diciptakan untuk mantan GD, Kiko Mizuhara yang beberapa kali putus nyambung saat mereka pacaran dulu. Tapi kayaknya mereka udah sama sama move on sekarang. Asal kau bahagia deh.

5. Divina Commedia

Gue setuju lagu ini dijadikan sebagai lagu penutup. This song has deep meaning about GD’s jouney. Divina Commedia sendiri adalah puisi terkenal yang memiliki isi panjang dari Italia. Secara garis besar puisi ini menceritakan tentang perjalanan sesudah kematian. Dihubungkan dengan lagu GD, ia meceritakan bagaimana susahnya menjadi idola. Disaat orang lain bersenang senang, ia harus bekerja keras meraih mimpinya. Memiliki banyak sisi kehidupan yang kadang dianggap aneh oleh banyak orang. Tapi dia berhasil membuktikan bahwa it is paid off. Usahanya tidak sia sia. Disaat orang yang bersenang senang tadi berusaha menitih hidup, GD sudah mendapat banyak penghargaan dan bisa menjadi inspirasi. Seolah ia berharap meskipun nanti dia vakum untuk wamil dan hilang dari layar tv, orang orang tetap mengenangnya dan menunggunya.

I told you before, ini paket combo. Dari lagu lirik frontal, sedih sampai lagu menyentuh ada dalam album ini. GD juga berusaha melibatkan diri dalam setiap detail pembuatan albumnya. Termasuk foto foto dalam albumnya yang sangat artistik mirip dengan lukisan yang sering dia lihat dipameran yang kadang kita tidak tahu apa maksudnya.Well done. We wait the next music video btw. Just cant wait!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar