Sabtu, 20 Agustus 2016

MAKNA VIDEO KLIP COLDPLAY “A HEAD FULL OF DREAM”


Seperti update dari web resminya pada tanggal 19 Agustus 2016 lalu, Coldplay telah merilis video klip terbaru  A Head Full Of Dream sebagai single keempat mereka dari  album dengan judul yang sama.
Good morning. The band have today revealed the video for A Head Full Of Dreams, the fourth single to be taken from the worldwide hit album of the same name.
Video klip ini direkam di Meksiko selama Coldplay menggelar konser dunia di Amerika Latin pada bulan April. Disutradarai oleh Marcus Haney dan sebagian besar gambar diambil dengan film Super 8mm. Video klip ini  menampilkan momen saat Coldplay sedang bersepeda menuju tempat konser di Foro Sol Venue.
The video was filmed in Mexico City during the band’s sold out Latin American stadium tour in April. Directed by Marcus Haney and shot predominantly on Super 8mm film, it features the band cycling to their show at the city’s Foro Sol venue.
Kita akan diajak Coldpay untuk mengelilingi kota Meksiko dan melihat aktifitas masyarakatnya lebih dekat dari latar belakang yang berbeda beda. Mulai dari ibu yang sedang membantu anaknya menyebrang jalan, bapak bapak yang sedang menyemir sepatu, petugas kebersihan jalan yang sedang menyapu, anak anak yang sedang bermain sampai seorang lelaki yang sedang bernyanyi dipinggir jalan. Coldplay seolah olah sedang menunjukan pada kita bahwa setiap orang  punya cara dan usahanya sendiri untuk bertahan dan merubah hidup.

Yang unik adalah pada awal video kilp A Head Full of Dream ini terdapat  pidato inspiratif Charlie Chaplin dari filmnya The Great Dictator yang sekaligus diputar pada opening konser dunia Coldplay. The Great Dictator sendiri adalah film yang dibuat Charlie Chaplin pada tahun 1940 sebagai bentuk kritik sosial politik atas kekejaman Nazi dan perang dunia pada waktu itu terhadap kelangsungan hidup manusia dan mengajak kita untuk memperbaikinya.
I’m sorry, but I don’t want to be an emperor. That’s not my business. I don’t want to rule or conquer anyone. I should like to help everyone if possible- Jew, Gentile, black men, white… 
We all want to help one another. Human beings are like that. We want to live by each others’ happiness, not by each other’s misery. We don’t want to hate and despise one another. In this world there is room for everyone. And the good earth is rich and can provide for everyone 
To those who can hear me, I say “Do not despair.”The misery that is now upon us is but the passing of greed, the bitterness of men who fear the way of human progress. The hate of men will pass, and dictators die, and the power they took from the people will return to the people.  
“The kingdom of God is within man”, not one man nor a group of men, but in all men! In you! You, the people, have the power, the power to create machines, the power to create happiness! You, the people, have the power to make this life free and beautiful, to make this life a wonderful adventure.

Maaf, tapi saya tidak ingin menjadi seorang penjajah. Itu bukan urusan saya. Saya tidak ingin mengatur atau menaklukan siapapun. Saya  seharusnya membantu semua orang, jika mungkin, yahudi, kafir, orang berkulit hitam, putih.  
Kita semua ingin saling membantu. Manusia memang seperti itu. Kita ingin hidup dengan kebahagian semua orang, bukan penderitaan . Kita tidak ingin saling membenci dan memandang rendah orang lain. Di dunia ini ada ruang untuk semua orang. Dan bumi yang baik adalah  yang makmur dan bisa dihuni semua orang. 
 Untuk kalian yang mendengarkanku , aku berkata “Jangan putus asa”Penderitaan kita sekarang ini adalah tentang melewati ketamakan dari seseorang yang takut akan perkembangan manusia. Kebencian seseorang akan hilang, dan diktator akan mati, dan kekuatan yang telah mereka ambil dari rakyat akan kembali lagi pada rakyat.  
Kerajaan Tuhan berada dalam diri manusia, bukan seorang manusia ataupun beberapa manusia, tapi semua manusia! Dalam diri kalian! Kalian manusia, punya kekuatan, kekuatan untuk menciptakan mesin, kekukatan untuk menciptakan kebahagiaan! Kalian manusia, punya kekuatan untuk membuat hidup ini bebas dan indah, untuk membuat hidup ini menjadi petualangan yang luar biasa.

Dikaitkan dengan kehidupan masa kini, Coldplay sedang mengingatkan kita bahwa kehidupan sekarang tak beda jauh dengan perang dunia dan Nazi dulu. Banyak peperangan, diskriminasi, penderitaan dan kebencian yang dibuat oleh manusia sendiri. Coldplay mengajak kita  menyatukan mimpi yang ada dalam kepala kita untuk memperbaiki dan mengubah dunia. Untuk mengahapuskan kebencian, ketamakan lalu bersatu menciptakan inovasi baru dan menyebarkan kebahagian kepada semua orang. Juga untuk mewujudkan mimpi kita dengan menjadikannya petualangan yang luar biasa.

What a great message, aren’t they?

Pidato awal dari Charlie Chaplin ini mempunyai pesan yang kurang lebih  sama seperti lirik lagu  A Head Full of Dream. Misalnya saja pada lirik bait kedua, mereka punya harapan besar untuk menghapuskan kelaparan yang kini dialami oleh ¾ dari populasi manusia di bumi.
Oh I think I landed where are miracles at work
For the thirst and for the hunger
Come the conference of birds

Oh sepertinya akau mendarat di tempat yang akan terjadi keajaiban
Untuk kehausan dan kelaparan
Yang datang dari pembicaraan burung – burung

Lalu di bait selanjutnya Coldplay  menyakinkan kita bahwa kita semua bisa melakukan perubahan meskipun berada pada kondisi yang memprihatinkan
Saying it’s true, Its not what it seems
Leave your broken window open
And in the light just streams and you get a head, a head full of dreams
You can see the change you wanted, be what you want to be
And you get a head, a head full of dream
Into life I’ve just been spoken with a head full
A head full of dreams

Katakan ini benar, Ini tidak seperti yang terlihat
Tinggalkan jendela terbukamu yang rusak
Dan cahaya merambat masuk dan kau memiliki sebuah kepalah, kepala yang penuh impian
Kamu dapat melihat perubahan yang kamu inginkan, jadi seperti yang kamu inginkan
Dan kau memiliki sebuah kepala, kepala yang penuh impian
Untuk mimpi yang baru saja kukatakan dengan kepala penuh

Kepala penuh impian

Didukung dengan cuplikan konser mereka di stadion yang dihadiri oleh ribuan manusia. Coldplay seolah sedang menyadarkan kita bahwa kita bisa bersatu.

Here they are the video


Yeah as always, they are inspiring! :)

2 komentar:

  1. Nice review mbaknya. Salken ya mbak. Btw, kapan2 kita nonton konser "Coldplay" yuuuuk. kayaknya seru tuh. Hehehe. Maen2 ke blog-ku mbak-nya di bdoelberkelana.com tp domainnya lagi expired. kunjungin 1 hari lagi. mudah2an bs nongol lg tuh blog.

    BalasHapus
  2. Terimakasih mbak , udh ngreview lagunyaaaa ...

    BalasHapus