Rabu, 04 November 2015

EXPECTO PATRONUM – MANTRA PENANGKAL HATERS


Ya! Expecto Patronum adalah salah satu mantra sihir dalam buku sekaligus film Harry Potter yang muncul pada seri ketiga Harry Potter and Prisioner Of Azkaban. Film favorit saya dari jaman SMP sampai sekarang yang tidak pernah bosan berapa kalipun saya menontonnya. As you know its a great movie! Dari sekian banyak mantra sihir dalam film itu (yang dulu sempat saya impikan bisa menguasai semua), mantra favorit saya adalah Expecto Patronum ini.

Expecto Patronum adalah mantra yang digunakan untuk mengusir dementor, for your Information dementor adalah  makhluk tak kasat mata eehh yang ditugaskan untuk menjaga Penjara Azkaban agar tawanan penjara tidak melarikan diri, mereka ini pengikut You-Know-Who (Kau-Tahu-Siapa) a.k.a Voldemort.
Like father Like Son , mereka mempunyai wujud yang sama sama menakutkan, Dementor digambarkan sebagai sosok yang terbang dengan jubah hitam dengan kepala tengkorak dan muka rata. Mereka dingin dan membuat lingkungan sekitarnya menjadi seolah olah mati ketika mereka datang. Dementor menghisap segala kenangan kegembiraan dan kebahagiaan seseorang hingga tinggal kesedihan dan ketakutan yang ada di kepala. Ini sering membuatkan orang yang terkena hisapan dementor menjadi gila dengan tatapan kosong dan bahkan ingin bunuh diri.
Beginilah wujud horor dementor, nah loh sereman mana sama mantan?
dementor

Salah satu tokoh Harry Potter yang menjadi korban dementor adalah sepupu Harry, Dudley Duersley.



Bukan hanya di film, ternyata kita bisa menemukan dementor dalam dunia nyata. Bukan, bukan genderuwo, pocong, kuntilanak atau makhluk astral lainnya. Tak seseram di film, dementor jaman sekarang sudah berevolusi menjadi lebih ganteng, cantik, gaul, stylish dan hits abis. Kita bisa menemukan meraka dimana saja , kapan saja dan dan dalam kondisi apapun, sebut saja mereka Haters. Ya kita bisa menganalogikan haters sebagai dementor. Sebaik apapun dan sealim apapun kita, saya yakin setiap orang punya haters yang tidak menyukai kita. Mereka yang selalu mengomentari hidup kita tanpa tau hal sebenarnya, mereka yang selalu ngomoingin kejelekan kita di belakang, mereka yang meremehkan dan nyiyirin kita, mereka yang bersikap kasar kepada kita, atau bahkan mereka yang mendiskriminasi dan meragukan kemampuan kita. Para haters yang membuat kita merasa tidak berguna, membuat kita merasa kecil, membuat kita gelisah galau merana *ini lagu* , dan bahkan membuat kita putus asa. Tanpa kita sadari mereka telah menghisap kebahagiaan kita dan menggantinya dengan perasaan perasaan gelap tadi. Is it same with dementor, isnt it?

SO WHAT ? SHOULD WE KICK THEM TO ANTARTICA? Nooo! Just let them be, and  listen to Harry Potter's Magic Word!!

Dalam filmnya mantra yang digunakan Harry untuk mengusir makhluk menyeramkan itu adalah dengan mantra EXPECTO PATRONUM , tidak hanya sembarang ucap namun mantra ini memerlukan suatu memori yang sangat membahagiakan dalam hidup dan kenangan kenangan dari orang yang kita cintai disertai dengan keyakinan bahwa kita bisa mengalahkan dementor. Jika berhasil setelah mengayunkan tongkat sihir  mantra ini akan mengeluarkan petronum atau hewan simbol kebahagian yang akan melawan dementor. Petronum Harry adalah Rusa sama dengan ibunya, yang merupakan lambang kebahagian terbesar Harry Potter dalam hidupnya adalah orang tuanya. Sedangkan  Petronum Nymphadora Tonks adalah warewolf sebagai lambang kecintaannya terhadap Remus Lupin. Petronum ini berbentuk cahaya dan akan mengusir kegelapan dari dementor.

Rusa, Petronum Harry Potter
Dont you think this is fantastic?

Ya! Kita juga bisa menggunakan mantra ini untuk menangkal haters, tidak perlu menggunakan tongkat sihir atau menghasilkan petronum yang besar. Saat kita sadar ada orang yang tidak menyukai kita cukup bayangkan orang orang yang mencintai kita, bayangkan kenangan kenangan indah kita bersama mereka. Orang tua, saudara, sahabat, teman, pacar (kalau punya sih) yang selalu ada untuk kita, yang selalu menghibur dan mendukung kita. Tunjukan bahwa kebecian haters tidak ada apa apanya dibanding dengan kecintaan orang orang hebat disekitar kita. Bayangkan tentang impian impian kita yang membuat haters iri dan tak bisa mencapainya. Dan bayangkan bahwa kebencian mereka tidak ada bandingnya sama sekali dengan kecintaan Allah terhadap hambanya.


Bukan hanya menunjukan, agar petronum kita keluar dan mengusir haters kita juga harus mempunyai kenyakinan. Keyakinan dengan menunjukan bahwa mereka yang membenci dan meremehkan kita akan tertinggal jauh dibelakang kita. Keyakinan disertai tidakan bahwa kita lebih baik dari mereka.

Jadi gak usah ngomel ngomel di sosmed perang status, gak usah banting hape atau lempar sepatu (sayang hp sama sepatunya mending sini buat saya). Cukup katakan dalam hati EXPECTO PATRONUM dan ingat tentang orang orang yang kita cintai serta kenangan kenangan indah kita.


2 komentar: