Sabtu, 05 Januari 2019

JOGJA TRIP ON BUDGET (Jalan Jalan Murah Ke Jogja)


Happy New Year Fellas! Hope it is a bright year to reach our goals as well! Cheers~~
Akhir tahun kemarin gue jalan jalan ke jogja sama temen temen gue selama 5 hari 4 malem. Jogja sendiri  bukan tempat asing buat gue, gue lahir dan besar di Klaten (kota kecil di sebelah Jogja) dan sering jalan jalan ke Jogja dulu pas masih tinggal disana dan beberapa kali pas gue pulang ke Klaten. Tapi karena temen temen gue ini belum pernah ke Jogja akhirnya mereka ngajak gue buat nemenin mereka sekaligus jadi tour guide. Sebenernya, gue udah  lama ngerencanain ini sama mereka, mungkin sekitar pertengahan tahun lalu. And on the last month actually I was broke and lack of money (lol) cause I had to pay my graduation bill, but I tried to manage it in many ways karena gak enak udah terlanjur janji sama mereka. Jadi terciptalah Jogja trip on budget ini (baca: jalan jalan super hemat) versi gue dan temen temen gue. Dan semoga bisa ngebantu kalian yang pengen jalan jalan dengan budget minim.

  •  Transportasi dari kota asal ke Jogja
Transportasi dimaksud disini adalah transportasi dari kota asal ke Jogja, jadi buat gue transportasi yang dimaksud adalah dari Jakarta ke Jogja. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kalian pilih seperti pesawat, bis dan kereta. Untuk pesawat biasanya bisa dipesan 6 bulan sebelumnya (kalian bisa cek di website resmi maskapai atau merchant), tapi tentu saat high season atau musim liburan harganya lebih mahal. Lama perjalanan menggunakan pesawat ini terbilang singkat, hanya sekitar 1-2 jam. Untuk bis bisa dipesan mendadak, kalian bisa langsung ke agen bis atau terminal terdekat, tapi kadang harganya kurang terkontrol (bisa mendadak mahal tapi kadang masih normal, rangenya sekitar 150-300 ribu) dan lama perjalanan tidak bisa diprediksi tergantung kondisi lalu lintas.

Biasanya sekitar 8-15 jam. Untuk  kereta bisa dipesan minimal 90 hari sebelum tanggal keberangkatan melalui website resmi KAI atau merchant. Kalu gue biasanya beli di Tokopedia. Ada beberapa kelas yang bisa kalian pilih seperti kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Lama perjalanan sekitar 8-9 jam. Range harga dari 74-600 ribu). Kalau kalian beruntung, kalian bisa dapet kereta ekonomi Senja Bengawan dengan harga 74 ribu aja, iya 74 ribu bisa sampai Jogja. Tapi karena waktu itu gue sama temen temen gue lagi hektik jadi sama sama kelupaan pesen tiket tepat di 90 hari sebelumnya. Tapi untungnya masih dapet kereta ekonomi lain yang harganya masih terjangkau, kereta Progo harga 140 rb untuk sekali jalan. Jadi pulang pergi kita bayar 280 ribu dengan kereta yang sama.

  • Penginapan

Seperti judulnya trip on budget jadi jangan bayangin gue nginep di hotel ya guys wkwk. Tapi tenang pilihan penginapan nggak cuma melulu hotel. Kalian bisa hunting penginapan dengan harga miring kayak motel atau homestay di beberapa website. Dan akhirnya kita milih buat nginep di Glory Homestay. Waktu itu harga per malamnya 75rb, dan kita nginep disana 5 hari 4 malam. Jadi budget yang kita keluarin sekitar 300 rb  (optional tergantung berapa hari kalian nginep). Homestay ini modelnya kayak asrama. Ada dua kamar, kamar cewek dan kamar cowok, yang masing-masing kamar terdiri dari 8-10 bed. Homestay ini termasuk nyaman buat gue, ACnya adem, kasur empuk, wifi kenceng, bisa masak, bisa nyuci, free snack kayak teh, kopi, roti tawar berserta selainya, tempat bersih, dan penjaganya ramaah banget. Bu Ati we love you! 

Karena modelnya asrama dan bikin kita sekamar sama rombongan lain, gue sama temen temen gue jadi punya kenalan baru dari berbagai daerah kayak dari Jakarta, Bali, Lampung, Filipina sampai Jepang. orang orang yang kita temuin disini juga ramah ramah, kita sempet ngobrol banyak, makan bareng, sampe main Uno bareng disertai hukuman makan kopi item buat yang kalah dan sukses bikin gue gemeter (karna gue gak bisa minum kopi wkwk). Selain itu ketemu orang orang baru disini bisa buat tukeran rekomendasi tempat yang keren di jogja. Oh iya kalau kalian stay lama gak perlu bingung untuk urusan nyuci baju, homestay ini nyediain jasa laundry kilat seharga 10 rb untuk 1kg baju, atau kalau kalian mau nyuci sendiri homestay ini juga nyediain peralatannya. So I recommend you this homestay guys, hope you like it like the way I am.

  • Transportasi selama di Jogja
Fyi, modal transportasi di Jogja tidak sebanyak dan secepat di Jakarta. Menurut gue transportasi yang paling efisien disana adalah kendaraan pribadi yaitu mobil dan motor. Gue kesana 4 orang termasuk gue, dan karena cuma 4 orang inilah akhirnya kita milih untuk nyewa motor. Because honestly we can’t effort the car with only 4 people. Kita dapet sewa motor ini dari homestay, tinggal bilang ke penjaganya dan penjaganya akan nyariin buat kita. Kata ibunya, untuk hari biasa harganya  ada dikisaran 60-70, dan untuk musim liburan harganya bisa naik jadi 80-100 ribu. 

Lucky us, kita dapet harga sewa 80 rb untuk satu hari. Karena kita empat orang dan satu motor dinaiki dua orang, sewa motor ini dibagi dua dengan temen gue. 80x3=240, 240:2= 120, jadi gue bayar 120 rb untuk penyewaan. Budget ini belom termasuk bensin untuk 3 hari pemakaian. Untuk muter muter Jogja kita cuma butuh bensin seharga 40 ribu buat satu motor dan itu dibagi dua. Jadi  untuk transport selama di Jogja gue ngeluarin budget 140 ribu.

  •  Makan

Mungkin kalian pernah denger kalau biaya makan di Jogja itu murah, dan itu memang benar adanya. Kalian gak perlu khawatir kalau pedagang disana akan naikin harga untuk wisatawan luar kota, they are fair guys! Mereka bakal tetap konsisten dengan  harganya walaupun kita dari luar kota dan gak pake bahasa Jawa saat beli. Untuk sekali makan yang biasa dan sederhana pada umumnya, harganya sekitar 3000 – 15.000. Ini akan beda beda tergantung selera kalian masing masing. Makanan daerah yang bisa gue rekomendasiin buat kalian antara lain soto, pecel, gudangan, gudheg, dan bakmi jawa. You have to taste all of it guys! Di dekat penginapan biasanya banyak yang jualan makan. Kalau gue kemarin tiap pagi pasti nyari makan di pasar tradisional (Pasar Prawirotaman dan Alun Alun Kidul) yang rasanya masih khas. 

Siangnya kita makan di luar yaitu di sekitar tempat wisata yang kita datengin. Dan malemnya kita masak mie atau masak nasi. Iya kita bawa beras sama mie dari Jakarta (lol). I told you before, this is a trip on budget :D. Jadi kita coba ngirit di makan malam dan duitnya bisa dipakai buat makan di restoran terkenal disana. Walaupun on budget, makan enak juga dibutuhkan untuk menyeimbangkan hidup. Karena keseimbangan adalah kunci (wkwk). Kebanyakan harga restoran disana ada dikisaran 30-70 ribu untuk satu orang sekali makan. Happy hunting a good restaurant! Jadi kalau dirata-rata 5 hari 4 malam di Jogja gue ngabisin budget 350 ribu, itu udah termasuk biaya makan dan biaya lain lain kayak masuk tempat wisata dan jajan jajan kecil. Tapi biaya masing masing orang pasti beda tergantung lama hari dan prefer
 ensi jenis makanannya.

  • Oleh Oleh

Menurut gue jenis oleh oleh bisa jadi dua, oleh oleh barang dan oleh oleh makanan. Kalau oleh oleh barang khas jogja udah pasti Malioboro tempatnya. Tempat kerajinan lokal khas jogja dan barang barang unik lain. Ada sandal, baju, daster, dompet, tas, kipas, mainan tradisional dan lain sebagainya. Kalian bisa milih sesuai selera dan kantong kalian. Mungkin beberapa dari kalian pernah denger “Kalau belanja di Malioboro pakai bahasa Jawa aja biar dimurahin”, tapi menurut gue ini udah gak valid, karena standar harga barang disana kayaknya udah dibikin kesepakatan antar pedagang. Tapi emang pas pertama nanya biasanya harganya masih yang tinggi, jadi coba tawar dlu hampir setengahnya, baru dinaikin sampai ada kesepakatan. Bahasa menurut gue udah gak terlalu ngaruh, gue udah coba pakai bahasa Jawa biasa, bahasa Jawa alus, bahasa Indonesia, sampai bahasa Inggris tapi ujungnya harga juga tetep sama. Kalau bahasa kalbu belum nyoba sih, mungkin kalian bisa nyoba siapa tau jadi gratis wkwk.

Untuk oleh oleh makanan gue punya life hack sendiri. Kalau kebanyakan wisatawan pada beli di pusat oleh oleh, kemarin gue nyoba beli di pasar tradisional dan harganya bisa terpaut jauh. Ya meskipun di pasar tradisional nggak ada label produksi oleh olehnya karena ditimbang sama pedagangnya sendiri, tapi menurut gue rasa dan jumlahnya sama aja. Sekalian ngasih rejeki buat pedagang UKM, soalnya kalau gue perhatiin kebanyakan pedagang di pasar ini udah nenek nenek tapi masih semangat nyari rejeki. Karena pedangang di pasar tradisional ini kebanyakan udah tua jadi gue saranin buat pake bahasa Jawa (jadi sebenernya gunanya temen gue ngajak gue ke Jogja biar mereka punya translator bahasa Jawa wkwk) atau kalau pakai bahasa Indonesia ngomongnya pelan pelan, biar mereka lebih paham. And I am falling in love with that traditional market. Orangnya ramah ramah, harganya murah, dan makanannya ngingetin gue ke masa kecil gue dulu yang sering diajak ibu ke pasar. Kalau dirata-rata gue ngeluarin budget sekitar 150 ribu buat oleh oleh. Sekali lagi, jumlah ini akan beda buat setiap orang.

  • Tips

  1. Renacanakan liburan jauh jauh hari biar bisa booking tiket dan hotel dengan harga yang lebih murah
  2. Pastikan untuk bawa obat obatan pribadi saat ngetrip, yang menurut gue wajib adalah tolak angin sama koyo atau krim pemanas otot. Karena kalau gue tipe orang yang gampang masuk angin dan pegel-pegel. Kalau temen gue yang well prepare dia sekalian bawa betadine, hansaplast, perban, sama antimo. Ini juga tergantung kebutuhan dan keluhan kalian masing masing. We never know what will happen, preventive action is never wrong.
  3. Diskusiin dulu destinasi wisata yang sesuai dengan temen ngetrip kalian, karena jalan menuju dan tempat wisata di jogja beragam, bisa jalan pegunungan naik turun, jalan pinggir pantai berpasir atau jalan yang cukup jauh dan melelahkan. Bisa panas banget, mendung dan tiba tiba hujan. Gak semua orang bisa bertahan di medan dan cuaca yang sama, daripada di tengah jalan malah nimbulin konflik karena mungkin temen kalian udah capek duluan dijalan. Milih teman ngetrip itu ternyata penting.

Kayaknya ini aja beberapa catatan budget buat trip gue. Actually I am not really pro in this thing, karena sebenernya gue jarang ngetrip yang sampai nginep kayak gini hehe. Tapi karena gue udah sering bolak balik jogja jadi kayaknya gak ada salahnya buat nulis ini. Once more, semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Waaa aku baru aja selesai nulis 3 tulisan Jogja di blog. Iya sih di sana emang serba murah, tapi kadang suka bikin deg2an kenapa murah amat hahaha, soalnya di bandung kalau ada yg murah banget gitu suka curigaan bawaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Aku sempet ngobrol sm mbah mbah yang dipasar Prawirotaman itu mba dan nanya, kok harganya beda jauh sama yang di pusat oleh oleh ya. Katanya itu mereka bikin sendiri trus jual sendiri juga. Jadi masih dari tangan pertama, trus secara packing mereka seadanya gak pakai mesin press cuma pakai streples. Jadi ngaruh ke harga, pdahal rasanya sama. Emang di jogja apa apa masih murah, soalnya UMR nya juga masih rendah, antara seneng sm sedih sih sebagai orang yg hampir stengah hidupnya bolak balik jogja heuheu

      Hapus