Minggu, 14 Januari 2018

DRAMA SKRIPSI PART 1



Mahasiswa semester tua mana jeritannya? Aaaaaaaaa. Oke fine berisik. Di postingan ini gue mau curhat tentang sekelumit kisah keriweuhan gue akhir akhir ini. Ee tapi emang blog ini kan isinya curhatan gue doang ya. Ternyata emang bener kata orang orang, jadi mahasiswa semester tua itu sulit dijalani.


Oke fokus. Jadi kalo di kampus gue, semester 7 itu ada mata kuliah seminar proposal, itu isinya tentang judul penelitian kita plus bab 1 sampai bab 3. Sebenernya niat kampus baik, jadi pas semester 8 kita lebih cepet nyelesain skripsi soalnya udah punya gambaran tentang penelitiannya. Tapi ya tetep aja, mau dikata lebih gampang juga mikirnya sama susahnya juga.

Drama skripsi ini dimulai dari milih judul, waktu itu gue bingung milih Antara neliti Figurative Language atau Slang Language, setelah nyari referensi sana sini akhirnya mantaplah sudah mengukuhkan hati buat slang language. Beres yekan.

Drama kedua nentuin film, karena emang fokus gue di sastra. Waktu itu gue udah yakin banget buat milih film Begin Again nya Keira Knightley, selain emang suka sama cerita trus ada Adam Levine juga. Hehe gak deng yang ini bercanda. Emang karena suka sama filmnya. Tapi kemudian dosen gue nanya, “Ini kamu yakin gak banyak slang languagenya? Slang language segmental lho”. Jenjeeeeeeeng lah iya ya, gue malah gak kepikiran. Akhirnya gue nonton ulang itu film (padahal mah udah sering nonton diulang ulang) dan baru ngeh, iya emang dikit doang L.
Akhirnya nyari film lagi baru, waktu itu gak susah soalnya emang udah punya cadangan. Trus ngajuin Paper Towns nya Cara Delevigne yang diangkat dari novelnya John Green. Gak bosen nonton filmnya ini mah pikir gue. Udah di ACC sama dosen trus check ke TU filmnya masih bisa di pake gak, dikampus gue 1 film atau novel Cuma bisa buat 4 penelitian dengan aspek yang beda. Dan katanya masih available. Uhuuuy.

Drama ketiga, Bab 1. Surpriseeeee. You know guys, ternyata buku slang language itu susah dicari L. Yang ada di perpus pada umumnya itu buka grammar sama learning English. As we know kita selama ini emang belajarnya bahasa Inggris formal buat pendidikan, sedangkan Slang language itu bahasa sehari hari. Nah loh. Gue pun nyoba buat ngulik lebih jauh tentang slang language ini yang sebenernya gue gak paham paham banget. Jadi ternyataaa slang language ini cabangnya Sociolinguistic karena perubahan lexical dan semantic meaning. Gue pun pindah kata kunci tiap kali nyari buku di perpus. Dan lihat apa yang gue temukan. Yep gue berhasil dapat buku slang language, tapi cuma sebiji sodara sodaraa, itupun cetakan lama tahun 80an. Padahal gue udah nyari di perpus paling lengkap se-Jakarta Depok. Sungguh slang language kau langka sekali.

Drama selanjutnya bab 2. Perjuangan nyari buku gue belum berakhir sodara sodaraaaa justru ini tambah PR, bab 2 isinnya teori dan emang harus lengkap. Ditambah dosen gue ngewajibin buku referensi harus di atas tahun 2000 semua. Boooom. Tapi rintangan ini alhamdulillah tetep bisa dilalui, singkat cerita gue udah rapi nyusun bab 2 berbekal buku tahun 80an, tapi kemudian pas balik harus menerima kenyataan perihnya hati bab 2 dicoret coret. hiks
REVISI LAGI
Masih belum putus asa gue pun masih getol nyari buku dari satu perpus ke  perpus lain, satu toko buku satu ke toko buku lain, tapi ya emang belum jodoh mungkin ya, jadi gak ketemu ketemu. Kayak kamu. Tapi kayaknya doa Ibu gue lebih kenceng daripada kelangkaan buku ini, sungguh tak disangka dan tak dinyana gue tiba tiba dikasih link sama dosen PA gue atau istilahnya dosen wali kelas gue tentang Perpustakaan online dari Rusia. Remang remang gue berasa dapet secercah cahaya, disana bukunya lengkap banget coooy dari seluruh dunia berbagai bahasa dan bisa didownload gratis! Allahuakbar. Ini serius gue kayak ketiban rejeki pas tau ada situs kayak gini. Nanti gue bakal share dan kasih tau info tentang drama nyari buku referensi di post gue selanjutnya yaa. Satu per satu masalah gue gugur juga. Memang bener kata Chrisye ya, badai pasti berlalu *cailaah.

Drama kesekian kalinya. Lewat bab 2 gue kayak ngrasa beban hidup gue berkurang. Walaupun bukan lemak gue yang berkurang sih. Jadi gue pikir bab 3 lumayan enak ni tinggal bikin instrument penelitian, metodenya sama kelengkapannya. Dan emang alhamdulillah bisa di handle.
Eitt tapi drama belum berakhir, belum. Pertemuan terakhir di mata kuliah Seminar Proposal ini dosen gue ngasih arahan tentang standar kelulusan dan syarat yang mesti di lengkapi. Salah satunya kita harus cek ulang judul kita masih avaible gak, soalnya dikampus gue itu selalu ada yang skripsi dan judul baru bisa masuk kapan aja ke TU. Skripsi tahun ajaran ganjil dan genap. Gue udah PD aja dateng ke TU karena ya sebelumnya gue udah ACC. Tapi ternyata pas gue ngasih judul gue ke petugas, petugasnya bilang
“Ini film Paper Towns nya udah gak bisa mbak, udah 4 penelitian”
APA GIMANA COBA DIULANG?

GAK BISA

APA SEKALI LAGI?

G - A - K -   B - I - S - A

Yasalaaaam. Gue mendadak jadi sakit perut.




Dan sekarang disinilah gue, nontonin film film yang kira kira cocok buat judul gue sambil nyemilin kwaci. Karena judul gue segmental, jadi gak semua film ada slang language dan layak diteliti. Kemudian berusaha mengumpulkan semangat juang plus mental begadang buat ngerevisi seminar proposal gue dari bab 1 – bab 3. Iya bab 1- bab 3.

 ACC – Revisi lagi – ACC Revisi lagi – ACC – Revisi lagi – ACC – Revisi lagi.

Sebagai orang yang (katanya) optimis, gue dengerin kata katanya Ariel Noah aja lah






 Kenapa gue ngasih judul post an ini Drama Skripsi Part 1? Karena diinginkan atau tidak pasti akan ada drama drama selanjutnya. Natikan kelanjutan kisahnya…..*kemudian iklan

1 komentar:

  1. Hahahahaha. Semangat mbak-nya. Itu ujian kecil mbak. Masih banyak yg lebih besar.

    Kuliahnya jangan mentok S1 doank! Semangat mpe S2 yaaaak klo perlu S3...!!!

    BalasHapus