Jumat, 17 November 2017

KENAPA MBAK?


Baru baru ini gue mengalami pagi yang bisa dibilang apes. Fyi gue tiap hari pergi kerja pake motor, dan sebenernya gue gak ngerti banget tentang dunia permotoran, kecuali nyalain starter trus tarik gas. Beberapa bulan ini emang motor gue sedikit bermasalah entah kenapa sering tiba tiba mati padahal beberapa kali udah gue service ke bengkel. Entahlah masih menjadi misteri kayak jodoh


Berhubung jakarta macet, tiap pagi gue selalu nglewatin jalan alternatif yang bikin perjalan gue lebih cepet. Tapi sayangnya pagi itu jalan yang biasa gue lewati ditutup karena dipake buat acara warga, alhasil mau gak mau gue puter balik dan lewat jalan utama. Hmm semesta sudah berkonspirasi. Yaah seperti yang bisa di bayangkan jalan nya rame, padat merayap. Tiba ditanjakan gue dengan pedenya gas poll motor gue dan gak disangka this thing really happen to me.  Taraaaaaaaa pas diturunan tetibaa sssttttt motor gue mati cooy. m a t i. Dibelakang gue ada banyak mobil yang mau masuk tol, dan semua ngeklakson gue biar gue minggir. Iya gue tau gue harus minggir, tapi emang lu kira dorong motor di turunan kagak susah :(

Gue panik,  duh mana di jalan utama gak ada bengkel, soalnya itu kawasan kantor gedung gedung tinggi, nah loooh. Beruntung nya gue dibantu sama "pak ogah", orang yg biasa ngatur jalan atau nyebarangin mobil di gang. Kenapa mbak? Mogok pak motornya, kata gue. Pak ogah plus beberapa ojek pangkalan  nyoba nyalain motor gue tapi tetep gak bisa. Gue tambah panik. Tapi untungnya mereka nyaranin buat ke bengkel, katanya ada bengkel yang deket, cuma 500 meter. Alhamdulillah ada bengkel dan deket coy deket. bak nemu oase di gurun sahara, bak nemu colokan pas hape mau mati. Alhamdulillah.

Dengan segala keoptimisan yang ada gue mulai dorong motor gue (lagi). Lurus, lurus dan lurus tapi belum keliatan juga penampakan bengkelnya, gue nanya ke ibu ibu yang jualan nasi uduk, katanya depan mbak dikit lagi. Masih dengan keoptimisan yang sama gue tetep dengan kuatnya dorong motor gue yang rasanya udah makin berat. Keringat gue mulai keluar, gue coba nanya lagi ke orang, dimana bengkel nya dan gue masih dapet jawaban yang sama, di depan mbak bentar lagi. Keringet gue makin banyak, kaki gue udah mulai gemeter, ku kira jatuh cinta, ternyata belum sarapan, yhaaaaa :(. Untuk ketiga kalinya gue nanya orang dimana letak bengkel yang katanya deket tadi, si bapak nya bilang itu depan belok kanan neng, paling 200 m lagi. Dan ternyata cooyyyyy dari tadi gue udah jalan plus dorong motor lebih dari 1 kilo cooyyyy. Gue gemeter coyyy.

Singkatnya setelah ketemu bengkel, motor gue beres dan gue langsung lanjut jalan ke kantor. Sepanjang jalan gue kepikiran sama kejadian yang brusan gue alami. Selama tinggal di jakarta, gue mikir kebanyakan orang kota itu apatis dan kurang peduli sama orang, lo ya elo, gue ya gue. Tapi anggapan gue itu sedikit terpatahkan abis motor gue mogok tadi. Selama gue ngedorong motor yang ternyata jauh tadi ada sekitar 5 orang (kalo gak salah, eh apa lebih ya pokoknya banyak) yang nanya ke gue "kenapa mbak?",  "mau saya bantu dorong?" bahkan sampe ada yang bilang, "mau tukeran motor aja mbak biar saya yang dorong?". Gue gak langsung mengiyakan soalnya gue mikirnya bengkel deket dan gue cuma bilang "enggak usah pak bengkel nya udah deket, makasih ya pak". But overall gue sangat menghargai niat baik mereka. Gue jadi mikir, ternyata gak semua orang kota itu apatis, dan mungkin juga gak semua orang desa itu peduli. Gue jadi bisa menurunkan kadar skeptis gue dan jadi tau kalau pertolongan itu bisa dateng kapan aja, dimana aja, dan oleh siapa aja, gak cuma orang kota atau orang desa. Setiap orang punya kadar kebaikan nya masing masing.

Dari tragedi motor mogok ini juga, gue juga jadi tau pentingnya nanya keadaan ke orang lain ketika orang itu punya masalah. Meskipun gak bisa bantu tapi setidaknya kata "kenapa mbak" itu udah cukup ngasih support kalau ternyata masih ada orang baik dan orang yang peduli di sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar