Sabtu, 02 September 2017

Keinginan Selalu di Sana dan Hidup Selalu di Sini



Belum lama ini gue iseng iseng beresin kardus tumpukan buku gue dan nemuin buku lama “Hidup Bukan Hanya Urusan Perut” karya budayawan Prie GS. Seinget gue buku itu gue beli pas awal awal gue kerja di Jakarta di pameran buku gitu, isinya tentang kumpulan cerita pendek yang dekat dengan kehidupan sehari hari dan nyindir perilaku kita. Dan yaaah bener aja akhirnya gue baca ulang dan tergilitik dengan cerpen cerpen nya, kayak langsung bilang “sumpah ini gue banget”, “eh iya bener kadang gue gini juga” , “eh sama kayak gue, kok gue bisa sekonyol itu ya”, dan celetukan lainnya.
Salah satu  cerpen favorit gue adalah yang gue jadiin judul di postingan ini ”Keinginan selalu disana dan hidup selalu disini”. Isinya kira kira begini
Saat ia masih duduk di bangku SD, sepeda masih menjadi barang mewah dan memiliki sepeda adalah impian terindahnya. Hanya para idola saja yang sanggup ke sekolah bersepeda. Ia bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya. Tapi ketika mimpi itu terwujud, musim sepeda telah selesai. Barang itu telah menjadi benda generic. Baginya hidup seperti terlalu cepat dan keberhasilannya melulu telat.
Gue langsung ketawa baca ginian, ketawa nyesek sih ya lebih tepatnya, gue juga gitu (hiks)

Kayak gini misalnya, pas gue masih TK dulu, lagi jaman motor bebek jadul yang kalau di genjot keluar asep kayak obat nyamuk, setelah nabung cukup lama akhirnya bapak gue bisa beli itu motor, gak lama eehhhh tren motor udah ganti jadi motor Supra alus bebas asep ngebul.

Pas gue SD abang gue ngotot banget pengen dibeliin radio tape, dibela belain sampe ngambek sama ibuk bapak, udah dibeliin taunya gak lama udah ganti jaman ke CD dan DVD.

Ini juga, dulu pas SMP lagi jaman banget HP, orang orang lomba buat beli hp nokia poloponik yang kalau buat lempar kucing, kucingnya bisa pingsan. Gue nabung duit lebaran buat beli itu HP, gak lama beli, trennya berubah jadi HP nokia kamera bentuk bulat sama ketupat yang bisa buat video, nyetel lagu sama internetan.

Trus dulu pas SMK lagi suka sukanya sama KPOP, ngimpi bisa nonton konser yang harganya 500 rb - 1 jutaan. Selalu bilang besok pas kerja harus nonton. Kemudian gue udah kerja punya duit sendiri eh harga tiketnya naik jadi yang paling murah 1 jutaan. Kebutuhan hidup juga naik dan akhirnya sampai sekarang belum kesampaian nonton full konser. Haha.

Keinginan Selalu di Sana dan Hidup Selalu di Sini. That’s life.

Sebagai orang yang (katanya) optomis gue langsung mikir yhaaaaaa mungkin gue kurang gigih, kurang giat usahan buat ngewujudin keinginan keinginan itu. Mungkin juga emang kudu latihan sabar lebih lama lagi. Mungkiiinnnn.

Tapi kemudian gue buka instragram dan nemu postingan kayak gini dari salah satu akun islami.


dakwahislamid

Guysss its slap me on my face. Langsung mikir, duuuuhhh mungkin gue kebanyakan dosa, terlalu buang buang waktu buat hal yang sia sia makanya Allah juga jadi segan ngasih sesuatu tepat waktu, mungkin kurang ibadahnya, mungkin kurang ini, kurang itunya.

Intinya dari iseng iseng buka kardus buat beresin buku tadi gue jadi kepikiran buat lebih intropeksi dan perbaikin diri, harus belajar buat manfaatin waktu biar gak terbuang sia sia.

***


NB : Btw buku ini rekomen banget gaes buat kalian kalian yang gampang bosenan sama rutinitas, yang terlalu maksa buat dapetin sesuatu dan yang suka menggalaukan hidup (kayak gue). Sebenernya ini buku lama, terbitan pertamanya aja tahun 2007, jadi mungkin bakal susah buat dapetin di Gramedia. Kalau yang pengen, bisa coba cari di toko buku online, pameran buku, atau toko secondhand. Good luck dan salam anti galau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar