Jumat, 19 Februari 2016

MAHASISWA GELAP




Hah kenapa gelap? lampunya belum dinyalain? gak pernah facial sama perawatan? Apa gimana?
Bukan bukan, ini bukan listrik, bukan juga kulit hitam dan kusam. Ini tentang secuil cuplikan kehidupan perkuliahan gue yang riweuh

Kenapa gelap? karena tidak seperti mahasiswa pada umumnya yang kuliah di siang hari gue kuliah malam hari, ya gue ngambil kelas malam.
Ini kuliah apa siskamling? kok malem malem.
Gak gitu juga. Kalau hansip mah nongkrongnya di pos nungguin maling, nah gue nongkrongnya di bangku nungguin dosen ngomong.Elegan.

Yah anggap saja gue dan temen temen gue sedang berada pada masa perjuangan, kalau kata RA Kartini kan habis gelap terbitlah terang, nah untuk jam kuliah gue ini kata habis terang terbitlah gelap mungkin dirasa lebih pas untuk jadi slogan. Merdeka!
Tapi plis kami harus yakin kalo masa depan kami tak segelap jam kuliah kami. Harus.
Lewat tulisan yang sebenernya sedikit curcol ini gue mau ngebagi pengalaman sekaligus menjawab pertanyaan pertanyaan yang sering gue dapet dari orang orang yang baru denger istilah kuliah malem, misalnya aja :

Kenapa kuliah malem, emang siangnya kemana?
Mencari nafkah. Ya karena belum ada laki laki yang menafkahi gue, jadi gue harus cari nafkah sendiri, makan sendiri, masak sendiri  nyuci baju pun sendiri *kemudian nyanyi. Siangnya gue kerja buat bayar kuliah, buat beli buku, buat ngeprint tugas, buat nyicil ijazah, buat makan , buat jajan dan buat beli kuota biar bisa posting tulisan ini. Intinya gue kerja buat kuliah. Dan nanti kuliah buat kerja. Iya gitu simpel kok.

Lah emang nyokap bokap lu kemana kok gak dikuliahin mereka?
Ada dirumah, mau mampir sekalian kenalan sama bapak? Boleeh ayook #eeh. Dari dulu gue emang udah pengen kuliah biaya sendiri. Jadi pas lulus SMK gue mutusin buat pergi ke barat mencari kitab suci Jakarta buat kerja dan ngumpulin duit untuk  masuk kuliah. Pernah waktu itu nyokap gue telpon suruh pulang kuliah di Jogja / Klaten aja. Tapi karena udah terlanjur nyebur di Jakarta sekalian aja dibablasin. Lagian kalau udah terbiasa megang duit sendiri tau tau minta orang tua lagi jadi gak enak. Gak bisa jajan donat jeko.

Oh gitu, trus waktu kuliahnya jam berapa ?
Pulang kerja. Tepatnya setelah pulang kerja terus nunggu angkot ngetem kemudian naik KRL dan desek desekan dari Tebet sampai Pasar Minggu. Kalo jam resminya sih jam 6.30 - 9.30. Tapi karena beberapa alasan yang barusan gue bilang jadi yah kadang gue masuk kelasnya telat. Yah namanya juga jakarta macet pak, gitu sih ngeles andalannya. Gak di omelin kok, paling cuma gak di absen. Mantep gak tuh udah macet, desek desekan,  ikut mata kuliah tapi gak di absen. Warbyasaah.

Kalau dari kantor langsung ke kampus berarti gak mandi dong?
Hah apa? Mandi? Apa itu mandi? Kayaknya gue udah gak kenal yang namanya mandi  deh. Yah boro boro mau mandi, gak telat masuk kampus aja udah Alhamdulillah hi robil'alamin. Tapi jangan salah gak semua anak kelas malem pada kusut dan kucel. Justru karena gak mandi itu jadi pada pake bedak sama gincu merah merona long lasting tahan lama. Tetep kinclong plus wangi.  Yah meskipun wangi parfum nya udah kecampur  bau kringet sama bau matahari. Tapi gak apa apa yang penting mah masih bisa menyerap ilmu dengan baik sambil lirik lirik. Mantep kan? Iya dong *kalimat macam apa ini*

Enak dong jadi  anak kelas malem,  jam nya pendek pasti tugasnya dikit.
BIG NO.  Jadi anak malem itu sebenernya  sedih.  Udah kuliahnya malem, bayarnya lebih mahal eh jam nya cuma dikit. Karena jamnya yang pendek itu trus buat ngejar kekurangan jam pake apa ? Yak tugas! Justru tugas tugas anak malem itu banyak. Biasanya dosen cuma ngejelasin dasar dasarnya, sisanya? Kalian rangkum sendiri ya nanti kirim ke email saya! kata dosen biasanya gitu.  Kami juga harus aktif sendiri baca baca materi kuliah biar gak ketinggalan. Ditambah lagi tugas latihan lain. Kalau tugasnya makalah sih gampang, paling whatsapp gue penuh sama grup + chat yang ngomongin tugas. "Eh gue udah kirim materi ya, sisanya entar lu susun makalah" gitu selese trus presentasi.

Tapi yang lebih complicated itu ketika tugas tugas macem drama, debat, conversation yang mengharuskan semua anggota grupnya dateng buat latihan. Ini susah, lebih susah dari nyari jodoh #eeh. Ada aja alesan pada gak dateng, eh gue lembur ini, eh gue nganterin nyokap nih, eh gue lagi pacaran nih eh gue jomblo nih #eeh. Ya pokoknya gitu sampai kami sadar kalau deadline tugasnya  minggu depan dan kami belum ngerjain. Nah Loh!

Pernah waktu itu sabtu malam (bukan malem minggu, bukan) gue lembur ngerjain makalah sama power point di kosan bareng anak anak sampai jam 2 pagi baru tidur. Bangun lagi jam 4 pagi nerusin naskah drama. Trus siangnya latihan drama sampe jam 3 sore. Malemnya tidur jam 6 maghrib sampe jam 6 pagi. Warbyasaaak.

Belum lagi mikirin tugas dan kerjaan kantor yang kadang menguras jiwa. Kami dituntut buat balance dua duanya . Makanya kalau ada yang nanya, Si lu jomblo? Dengan yakin gue akan jawab " Enggak gue udah taken sama tugas, malem minggu sampe hari minggu gue  sama dia terus.” Dan Kalau udah mendekati UAS biasanya tugas itu seperti kasih Ibu, “Tak Terhingga Sepanjang Masa”.

Capek gak sih kerja sambil kuliah gitu?
Kalo capek bahasa inggrisnya Tired trus kalau sangat capek banget bahasa inggrisnya Exhausted, maka gue akan jawab So exausted. Kadang mikir sehari 24 jam itu gak cukup. Berangkat ke kantor jam 6 pagi, pulang kerja jam 5 sore langsung ke kampus, nyampe kosan lagi jam 10 malem, gitu aja trus Senin sampai Jum’at. Sabtu Minggu ngerjain tugas. Jadi kadang gue ngrasa hari Minggu itu Cuma mitos, karena faktanya  gue  ngerjain tugas. Apalagi kalo udah semester atas pasti bakal sering denger pada bilang "Mamaah aku gak kuat, aku mau nikah ajaaaa maah". Ee tapi mereka tiba tiba inget kalau pacar aja belum punya. Jleeeb.

Kalau capek kenapa masih betah gitu gitu aja?
Nah itu dia dibalik semua lika liku yang ada, justru itulah yang bikin seru. Justru itulah yang yang ngasih pengalaman baru. Kalau gak ada capek capeknya mungkin gak akan ada juga tulisan ini haha. Dari kuliah sambil kerja gini gue bisa ketemu temen baru, denger cerita baru dan yang pasti dapet ilmu baru. Gak cuma ilmu akademis tapi gue juga belajar tanggung jawab, belajar ngambil resiko dan belajar manajemen waktu. Jadi waktu gue gak terbuang percuma, kayak malem malem ngulet di kasur sambil ngepoin mantan misalnya #eeh.

Pernah gak ngrasa capek banget trus berhenti aja?
Kalau kata gue ngeluh sama ngrasa capek itu manusiwi, kadang mikir aduh males, aduh capek, udah biarin aja gak usah dikerjain, gak usah masuk. Tapi mikir lagi udah jalan sejauh ini masa mau berhenti. Trus merem bentar mikirin tujuan yang mau kita capai, pas melek  ya udah lanjut jalan lagi.
Pernah waktu itu denger dari orang "Ibarat naik ke lantai atas kalian lagi naik tangga darurat”. Capek ngos ngos an, tapi kalau kalian jatuh kalian cuma jatuh di satu lantai di bawahnya, beda lagi kalau naik lift. Naik lift itu enak cepet gampang lagi, tapi nanti kalau jatuh liftnya bakal jatuh  ke lantai dasar. Maksudnya dengan capek gini kita udah tau rasanya susah, udah tau rasanya sakit jadi nanti pas kami gagal kami sudah terlatih. Sudah pernah ngerasain hal yang lebih sakit, jadi gak kaget trus gampang buat bangunnya. 

Dan gue rasa ini gak cuma buat yang kuliah malem aja tapi termasuk kalian semua wahai mahasiswa di luar sana yang serius ngejar kuliah, kerjaan atau tujuannya. Gak semua hal gampang dicapai kadang butuh perjuangan dan keringat dulu, kata emak gue sih gitu. Yaudah jalanin aja makanya.

Terus terus gimana lagi?
Udah gitu aja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar