Kamis, 03 September 2015

PANTAI NGOBARAN - BALI VAN JOGJA




Seperti yang kita tahu Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang menjadi tujuan banyak orang. Kota ini terkenal dengan kebudayaan dan adat istiadat yang masih kental dan terjaga sehingga mendapat gelar daerah Istimewa. Banyak peninggalan kuno seperti Keraton dan candi yang masih kokoh dan terawat . Tapi tahukah kalian selain menawarkan wisata sejarah dan peninggalan kuno, yogyakarta juga menawarkan wisata alam serta pantai yang masih alami dan tak kalah Indah. Kalian bisa menemukan pantai indah bak surga tersembunyi di kota ini, khususnya di daerah pesisir pantai selatan Gunung Kidul.

Bulan lalu saya pulang ke kampung halaman saya di Klaten, sebuah kota di sebelah timur Yogyakarta yang jaraknya cukup dekat dengan pusat kota. Selain menikmati libur lebaran saya tak melewatkan kesempatan ini untuk berkunjung ke tempat baru khususnya pantai, karena pantai adalah tujuan wisata favorit saya. Saya dan beberapa teman saya sempat bingung menentukan destinasi pantai karena minimnya pengetahuan kami tentang lokasi dan jalan menuju pantai tersebut, tapi satu hal yang kami tahu, pusat pantai Indah di Yogyakarta adalah Gunung Kidul.
Maka dengan bermodalkan plang jalan, search lokasi di google dan bertanya ke orang di jalan kami nekad menyusuri jalan menuju Gunung Kidul. Kami sempat beberapa kali nyasar dan tidak tahu jalan, tapi warga asli daerah sana menyelamatkan kami dan memberi tahu jalan yang benar. Melihat beberapa plang di jalan kami tertarik untuk mengunjungi Pantai Ngobaran, karena namanya terdengar unik. Pantai ngobaran berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Karena tidak ada angkutan umum menuju lokasi tersebut saya sarankan kepada kalian yang ingin kesana untuk menggunakan kendaraan pribadi, alternative untuk wisatawan luar kota dan asing, kalian bisa menyewa kendaraan, banyak jasa penyewaan kendaraan pribadi di Jogja. Penyewaan kendaraan itu bisa kalian temukan di pusat Kota Jogja misalkan daerah Tugu, Malioboro, Bulak Sumur, Prambanan dll. Untuk rute saya sendiri kurang paham tapi kalian bisa meniru hal yang saya lakukan yaitu menggunakan GPS googling dan bertanya pada warga. Kalian tidak perlu khawatir karena memasuki kawasan pantai banyak polisi dan petugas pantai yang bisa memberi petunjuk arah. Dari pusat kota Jogja sampai lokasi ini memerlukan waktu kira kira 2-3jam. For your information jalan menuu Gunung kidul ini naik turun dan belak belok, jalannya juga sempit, jika ada 2 mobil berpapasan salah satu harus mengalah dan berhenti. Tapi lamanya waktu tempuh dan naik turunnya jalan akan terbayar ketika kalian sampai di Pantai ini.

Tiba di pantai ini saya disambut dengan air laut biru dan ombak yang menggulung tinggi, air nya masih bersih dan biru (jangan sampai kita yang berkunjung membuatnya kotor). Pantai ngobaran terkenal dengan batu dan tebing karang yang menjulang tinggi. Tebingnya kokoh dan berbaris tak hancur di hantam ombak, ada banyak tumbuhan hijau berduri di pinggir pantai, saya kurang tahu tumbuhan apa itu, semacam daun pohon nanas tapi entah apa pastinya hehe.





Pemandangan tersebut baru pemandangan di pintu masuk pantai, masih banyak keindahan keindahan lain yang ditawarkan pantai ini. Untuk melihat air dan ombak pantai lebih dekat saya turun kebawah, di pantai bawah ini saya melihat pantai lebih dekat dengan pasir putih dan halus,. Ada beberapa pengunjung yang bermain air ataupun bermain pasir.




Selain keindahan diatas yang membuat Pantai Ngobaran unik adalah pantai ini disebut Bali Van Yogyakarta, karena suasana di pantai ini mirip dengan suasana di Bali. Kenapa mirip? Jawabannya karena terdapat Pura di atas Tebing. Sesuai Informasi yang saya dapat Pura ini masih aktif sebagai tempat ibadah pemeluk Agama Hindu. Banyak patung patung keagamaan dan pohon kamboja di pura tersebut, saat saya kesana kebanyakan wisatawan yang masuk ke kawasan Pura akan di pasangkan bunga kamboja di telinga mereka. Bau sesajen juga sesekali tercium saat memasuki kawasan tersebut. Apalagi saat saya berkunjung terdapat beberapa wisatawan asing baik yang bermuka bule atau muka oriental, banyak juga wisatawan yang berbahasa Indonesia yang menandakan pengunjung dari luar kota. Dengan suasana seperti ini tak heran banyak yang menyebut Pantai ini Bali Van Java. Tebing karang, ombak tinggi, pura diatas tebing serta budaya Hindu yang kental mengingatkan saya pada Tanah Lot di Bali yang beberapa tahun lalu saya kunjungi.









Lepas dari pantai dengan bibir pasir, di sisi kanan pura terdapat pantai dengan bibir karang yang tak kalah menakjubkan. Airnya yang jernih serta sinar matahari sore yang masih terang memudahkan kita melihat biota laut dibawah air. Pemandangan tebing disini pun tak kalah dengan pemndangan sebelumnya.





Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah orang orang nya yang ramah. Mulai dari tukang parkir, penjual makanan, penjual oleh oleh, sampai penjaga toilet yang selalu tersenyum kepada wisatawan. Dan bagusnya harga harga disini ditulis sebai onformasi untuk wisatawan, misalnya harga masuk toilet, harga parkir, dan harga makanan semuanya terpampang di daftar harga, jadi kalian tidak perlu takut tertipu harga. Yang tak kalah penting harga makanan disini masih murah, untuk menu yang saya pesan ini Nasi dan ikan bakar saya hanya perlu mengeluarkan Rp 15.000 dan 3.000 untuk es jeruk. Harga yang terbilang murah untuk kawasan tempat wisata.





Itulah cerita saya saat berkunjung ke Pantai Ngobaran, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi tujuan wisata kalian. Semoga dengan ini kita bisa lebih mencintai tanah air Indonesia kita yang menyimpan banyak keindahan :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar