Senin, 03 Oktober 2016

TUA BOLEH, PIKUN JANGAN


Pulpen gue dimana..Dompet gue dimana…Eh miscall in hp gue deh kok gak ada, apa ilang ya…Duh ke indomaret lupa bawa duit malah bawa struk belanjaan..Oh iya gue belum ngeprint tugas sama laporan…Oh iyaaa..Oh iyaaa…Oh iyaa jodoh gue mana…engg

Dan pada akhirnya gue baru inget kalau gue ini suka gak inget. Iya gue ini pikun-an. Suka ketinggalan barang, suka lupa naruh barang, suka lupa sama kejadian kejadian kecil, suka sama kamu tapi kamunya enggak. EEHHHH


Ya pokoknya gitu, kalau kalian pernah ngalamin hal yang sama berarti kita jodoh gue ada temennya, sama toossss.

Kadang mikir mungkin gue kurang focus dan kurang Aqua, trus nyoba minum banyak,  bukannya inget malah sering ke kamar mandi kecing terus. Fain. Kadang mikir juga apa jangan jangan gue ini sering amnesia, eh tapi enggak juga soalnya ini bukan sinetron. Pliss. Atau mungkin memori gue udah penuh, dan butuh hardisk eksternal eh tapi ini bukan laptop. Enggg

Sampai akhirnya pertanyaan pertanyaan gue ini sedikit mememui titik terang. Cailaaahh. Sekitar 2 bulan yang lalu gue kenal sama nenek yang usianya 84 tahun, kita sebut saja mawar Eyang. Eyang ini kalau dilihat dari fisiknya emang udah keliatan renta, kulit udah keriput ditambah tulang punggungnya sedikit bungkuk. Tapi kalau udah ngobrol sama beliau, bbeeeh kita akan dibikin kaget. Eyang akan lebih aktif cerita. Beliau adalah pensiunan guru SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia 24 tahun yang lalu, tapi beliau masih hafal nama nama teman dan muridnya yang menonjol, hafal nama cucu cicit sampai sepupu jauhnya. Gak Cuma cerita tentang kehidupannya, beliau juga akan menceritakan dengan detail jika gue bertanya tentang sejarah; jaman penjajahan, jaman Pak Soekarno, jaman Pak Soeharto sampai pemerintahan sekarang. Beliau masih aktif membaca Koran dan akan menanggapi saat gue menyinggung beberapa isu politik. Yang lebih bikin amaze, ternyata beliau sangat hobby membaca buku terutama buku biografi dan sejarah. Eyang akan dengan lancar menceritakan tokoh tokoh terkenal macam Kartini, Jendral Sudirman, musisi Gesang sampai pengusaha sukses saat ini Chairul Tanjung  dan merekomendasikan buku buku ini untuk gue baca. Gue pun mikir, ini yang tua siapa yang pikun siapa.

Ditambah, pernah waktu itu eyang telepon nyuruh gue buat silaturahmi ke rumahnya hari sabtu tanggal 30. Kebetulan eyang telepon tanggal 15 tepat 2 minggu sebelumnya dan gue mengiyakan. Waktu berjalan dan yah gue menjalani hidup yang selayaknya *ini apa*, sampai pada akhirnya tanggal 29 malem eyang telepon “
“Mbak Ersi eyang mau minta maaf besok eyang gak bisa, ada acara mendadak”“Gak bisa apa yang?”“Kan Mbak Ersi mau maen kesini, Eyang gak bisa besok ada reuni”Oh ya ampun iyaa yang gak apa apa, ersi hampir lupa”*Kemudian gue merasa gagal jadi anak muda*

Gue pernah tanya ke Eyang, “Eyang kok bisa ingatannya masih kuat gitu? Masih hafal semuanya”
Lalu dengan tertawa Eyang menjawab, kalau badan biar sehat itu kan harus sering olahraga tho mbak, sama kayak otak mbak, biar otaknya sehat harus sering diajak olahraga, olahraganya otak ki yo kuwi mikir, jadi biar gak sering lupa kita harus sering  mikir. Jangan biarin otaknya nganggur, diajak muter terus.

Gue pun manggut manggut. Wah berarti otak gue kalau dijual mahal dong ya, soalnya kan jarang dipakai. EEHHH. Makanya mikir si!

Sekian. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar