Minggu, 03 Juli 2016

RAMADHAN ANAK KULIAH MALAM


Enggak enggak gue bukan mau ceramah atau khotbah *mentang mentang judulnya pake Ramadhan*, jelas enggak. Di postingan ini gue mau share pengalaman gue yang langka selama ramadhan di suasana dan tempat yang beda dari biasanya. Eee tapi karena lagi bulan puasa dan gak boleh bohong jadi baiklah gue mau jujur kalau sebenernya ini cuma postingan curhat…. Enggggggg.

Ya seperti bio gue “Made in Klaten, Exported to Jakarta” , gue adalah anak rantau yang numpang hidup di kota orang. Selain numpang hidup gue juga numpang belajar disini. Bahasa gaulnya “part time employee and part time student” cailaah atau bisa dibilang kuliah sambil kerja. Gue orang asli Klaten yang sejak tahun 2012 lalu pindah ke Jakarta. Dan kepindahan itu pula yang membawa banyak perubahan di hidup gue. Dari yang tinggal sama orang tua jadi tinggal sendiri, dari yang dimasakin orang tua jadi masak sendiri, dari yang dicuciin baju orang tua jadi nyuci baju sendiri, termasuk dari yang ramadhan bareng orang tua jadi nglewatin ramadhan di kos sendiri. Aku kuat kok sendiri, KUAT.

Gak Cuma kondisi tapi juga tempat yang berbeda. Dan ini sangat terasa perbedaannya, dulu ngelewatin ramadhan di kampung sekarang di kota. Iya Beda. Kayak kamu eeeh.
Dulu di kampung kalau menjelang puasa, muda mudinya pada gotong royong bersihin masjid, bersihin jalan, pasang tenda buat tarawih sampai bikin spanduk yang ada tulisan “Marhaban Ya Ramadhan”. Sekarang di Jakarta besoknya ramadhan, malemnya baru nyuci mukenah sama sajadah.
Dulu dikampung sebelum sahur ada yang ronda bangunin masak. Sekarang di Jakarta imsak setengah 5 baru bangun 30 menit sebelumnya. Bukan, ini bukan ngikutin anjuran “sahurlah di akhir waktu” tapi karena emang kesiangan. Dan gak ada yang bangunin sahur, hiks.

Dulu sebelum buka biasanya masak sama ibuk buat sekeluarga, sekarang sebelum buka masih di jalan nungguin mobil pada parkir di jalan (baca : macet) atau liatin orang baris di kereta (baca : bejubel).

Dan yang paling berbeda adalah dulu pas buka udah dirumah terus lanjut tarawih berjamaah sekarang pas buka gue masih di kampus dan dilanjut belajar berjamaah. Elegan. Engg lebih ke kasihan sih  kayaknya. Iya bulan Ramadhan ini gue masih ngampus malem full.


Disaat orang orang  dengerin ceramah di masjid, gue dengerin dosen ceramah di kelas. Disaat orang lain baca Al-Quran gue baca buku grammar. Di saat anak anak SD ngisi buka Ramadhan, gue ngisi soal structure sama Phonology. Kurang intelek apa gue.

Buku Ramadhan (Source)


Soal Structure (Source)
Sedih ? Iya. Tapi kalau kata orang bijak mah “selalu ada hal yang bisa di syukuri” dan ini berlaku buat gue. Karena masih kuliah pas puasa, tiap hari gue jadi  bisa buka bersama bareng temen temen gue. Jadi, gue terhindar dari janji palsu perencana bukber yang berkedok “gue ngikut aja” tapi pas hari H gak dateng. Terhindar dari mereka yang bikin grup whatsapp janjian bukber tapi sampe lebaran selesai gak ketemu juga. HAHA

Source

Dan dari hal ini gue jadi orang yang antimainstream. Orang orang mah pada bikin tren bukber, itu biasa. Gue sama temen temen kelas gue menciptakan tren belajar yang dilanjut sahur bersama. Yakni kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok anak kuliah malam menjelang Ujian Akhir Semester yang jatuh pada bulan puasa untuk nginep di kos dengan tujuan belajar bersama dan dilanjut makan pada waktu sahur. Atau secara singkat bisa disebut belajar pada waktu sahur bersama. Iya begitulah.

Tapi seperti yang kita tahu, bulan ramadhan hanya datang setahun sekali dan rasanya hal hal diatas gak bisa dijadiin alasan untuk ngelewatin ibadah di bulan ini. Dan yang paling penting dari semua ini gue bener  bener belajar manajemen waktu. Ramadhan bulan untuk berperang demi mencapai kemenangan. Gimana caranya biar  tetep bisa sholat tarawih abis belajar berjamaah, tetep baca Al-Qur’an abis baca buku grammar, tetep bisa dengerin ceramah abis dengerin kuliah. Semuanya sebisa mungkin dilawan. Lalu biar bisa ngunyah makanan 15 menit sebelum imsak. Dan tetep bisa buka puasa walaupun gak ada yang ngingetin…..iya gitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar