Sabtu, 20 Juni 2015

MIRACLE IS ANOTHER NAME OF EFFORT





Lamaa banget gue gak post tulisan di blog, terakhir taun lalu kayaknya. Maklum kemarin kemarin sibuk mencari nafkah sama kuliah dan sekarang udah libur semester :D.

Oke gue mau share sedikit pengalaman sukur sukur ada yang baca sekalian curcol mungkin hehe. Beberapa waktu lalu gue rewatch drama korea favorit gue judulnya “To The Beautifull You”.  Gue suka banget sama drama ini karena peran utamanya Choi Minho dan emang critanya bagus. Secara garis besar drama ini nyritain tentang Atlet lompat tinggi yang bisa dapet Medali emas tingkat Asia, walaupun sempat jatuh dan putus asa tapi ia berusaha bangkit lagi dengan usaha dan kerja kerasnya. Dan motto hidupnya adalah Miracle is another name Effort, iya Keajaiban adalah nama lain dari kerja keras.

Dan gue suka sama kalimat itu, rasanya gue juga sempat mengalami keajaiban yang gak gue sangka karena usaha gue.
Oke gue mulai crita, pada suatu hari *eeh ..Dulu pas lulus SMK tepatnya tahun 2012 (maaf udah tua) gue  lulus sebagai lulusan terbaik di jurusan gue( Multimedia). Nilai Ujian Nasional gue jadi yang tertinggi di banding temen seangkatan gue satu prodi, alhamdulillah iya gue seneng banget dan gak nyangka. Karena gue sendiri bukan termasuk murid yang pinter yang dapet juara kelas terus, gue gak seperti itu, gue cuma murid yang selalu masuk sepuluh besar dikelas. Ya gue masuk kategori rata rata lah dikelas, mungkin kalo istilah kekiniannya gue masuk kategori “mainstream”. Trus apa yang membedakan gue sehingga  gue bisa jadi lulusan terbaik? Ya miracle is another name of effort, jawabannya kerja keras J.

Berawal dari ketakutan gue sama mata pelajaran matematika, waktu itu gue worry banget sama nilai ujian matematika gue, karena seumur umur ulangan matematika di SMK gue gak pernah dapet nilai  lebih dari 8, dapet 8 aja itu udah sujud syukur.  Matematika musuh terbesar gue, gue takut kalau gara gara matematika gue jadi gak lulus. Ditambah di semester akhir sebelum UN nilai rapot gue jeblok, gue cuma dapet peringkat 10 padahal sebelumnya gue peringkat  4, entah kenapa bisa mental jauh padahal gue ngrasa gue remedial Cuma sedikit nilai gue juga gak jelek jelek bnaget entahlah. Dan yang bikin gue paling nyesek, gue udah bikin kecewa orang tua yang udah susah payah ngebiayain gue L.

Dari situ gue punya tekad buat bikin nilai gue lebih baik, gak muluk muluk gue Cuma mau lulus dengan rata rata 8,5. Gue mulai nempel  nempelin kata kata motivasi di dinding kamar gue, biar gue inget sama tujuan gue. Trus di sekolah ada program Pendalaman materi, pulang sore tiap hari Senin-Rabu. Emang ini tujuannya buat nyiapin siswa ngadepin ujian nasional dengan drill soal dan fokus ke Silabus UN. Tapi yang bikin istimewa di sekolah gue dulu, ada program Tutor sebaya yaitu belajar dengan mentor atau yang bertindak sebagai guru adalah teman sendiri, teman yang dianggap bisa di kelas. Ini menurut gue ngebantu banget, kebetulan waktu itu yang jadi mentor Matematika sahabat yang deket sama gue Ella (my partner in crime), jadi gue bisa nanya dengan detail bagian yang gue belum bisa, gak perlu sungkan dan gak perlu takut. Di sisi lain gue ditunjuk guru gue buat jadi mentor Bahasa Inggris, emang gue mending di Bahasa Inggris daripada matematika, bukan jago Cuma lebih dari yang lain mungkin. Berhubung Ella rada kurang di Bahasa Inggris jadi kita bikin kesepakatan buat saling privat. Dateng ke sekolah jam 6 pagi, disaat temen lain baru bangun atau baru berangkat  tapi gue udah nongkrong di kelas sama Ella buat diskusi soal. Kayak gitu berulang ulang sampai 2 minggu sebelum UN, berangkat jam 5.30 pagi dan baru sampai rumah jam 5.00 sore. Sampai hari minggu pun gue belajar dirumah sama saudara gue yang jago matematika, dan timbal baliknya gue ngajarin dia Bahasa Inggris juga .Capek? Pasti , Cuma gue gak mau kalah sama matematika, nilai di ijazah gue harus bagus, biar gue dapet kerjaan yang bagus juga, kayak gitu pikiran gue dulu. Di imbangi sama kemampuan tentunya.

And well as what i said, Miracle is another name of effort  dengan kekuatan doa tentunya. Gak ada yang sia sia kalo kita bener bener usaha. Gue kaget dan bener bener gak nyangka pas tau nilai rata rata gue malah 9 koma sekian, mengingat banyak otak yang lebih jago dari gue,  hal yang gak pernah gue bayangin sekaligus dapet bonus jadi lulusan terbaik prodi Multimedia. Pas diacara wisuda SMK gue jadi yang pertama  dikalungin medali kelulusan langsung sama kepala sekolah gue, gue inget beliau bilang “Selamat ya Ersi semoga kamu bisa terus berprestasi”. Trus Wali kelas gue juga bilang “Wah ersi selamat ya bapak bangga sama kamu” Simple sih tapi udah bikin gue terharu dan seneng. Dan lebih seneng lagi gue bisa bikin orangtua gue bangga sama gue, alhamdulillah.

Emang bukan hal besar dan belum apa apa, karena itu baru moment kelulusan SMK, masih panjang jalan yang harus gue tempuh. Tapi setidaknya gue bisa mengambil pelajaran dari itu. Karena tidak ada hal yang tidak mungkin selagi kita mau berusaha, keajaiban bisa datang kapan saja selagi Allah menghendaki. Gue pernah baca buku yang bilang
“karena sebuah hasil tak kan menghianati prosesnya”
besar kecil hasil tergantung dari besar kecil usaha kita. Dan yang selalu gue pegang
“ I dont know my dreams will come true or not, but i keep my effort, cause life is more interesting when we believe that our dream will come true”


Dan semoga gue bisa menciptakan keajaiban keajaiban lain dengan kerja keras gue J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar